Jumat, 30 Juni 2017

Cara Memasukan Koordinat dari Ms.Excel ke Autocad dengan mudah dan praktis



Cara Memasukan Koordinat dari Ms.Excel ke Autocad dengan mudah dan praktis

 Anda yang sering bergelut di bidang tehnik sipil, pembangunan, geology, pertambangan dsb. Tentu sudah tidak asing lagi dengan  Autocad. Program ini memang telah banyak membantu menyelesaikan pekerjaan para arsitek dan surveyor, khususnya dari segi drafting atau menggambar.  Berkat aplikasi ini anda tidak perlu lagi repot menyiapkan banyak peralatan dan bahan untuk menyelesaikan denah, peta ataupun desain anda. Otomatis dengan autocad anda dapat lebih menghemat cost kita untuk menyelesaikannya. Hanya dengan berbekal personal computer anda.
Dengan latar belakang tersebut dan berbekal sedikit pemahaman saya tentang Autocad, melalui blog ini saya ingin berbagi beberapa trik-trik di Autocad berdasarkan pengalaman saya bekerja menyelesaikan tugas-tugas saya dengan Autocad. Dan sesuai tajuk di atas,kali ini saya akan membagikan satu trik yang sering saya gunakan dalam pekerjaan saya,”Cara Memasukan Koordinat dari Ms.Excel ke Autocad dengan mudah dan praktis”. Selengkapnya mari kita simak bersama cara-caranya!.

Cara Memasukan Koordinat dari Ms.Excel ke Autocad dengan mudah dan praktis.

1.      Buka program Microsoft Excel pada PC anda
2.      Buat table seperti pada gambar di bawah
3.      Langkah selanjutnya isikan data-data koordinat sesuai kolom-kolom tersebut. Lihat gambar.
 
4.  Lalu buat kolom lagi disamping koordinat dengan nama kolom rumus kode dan rumus koordinat. Kolom ini nanti akan kita gunakan untuk mengolah data koordinat diatas dengan rumus excel agar dapat dimasukan ke dalam autocad.
5.      Pada kolom rumus kode isi rumus sebagai berikut:
=CONCATENATE("-Text(spasi)M","(spasi)",C3,",",D3,"(spasi)",2,"(spasi)",0,"(spasi)",B3)
6.      Keterangan : (spasi) >> bukan tulisan spasi, tapi yang harus anda lakukan adalah memberi spasi di area tersebut. C3 adalah kolom dari entri easting(x) titik pertama. D3 adalah kolom dari entri northing(y) titik pertama. Angka 2 adalah ukuran text dari kode yang nantinya akan tampil di Autocad( ukuran bisa dirubah sesuai kebutuhan). Angka 0 adalah orientasi sudut text  dari kode yang akan tampil di Autocad (anda dapat  mencoba mengubah-ubah angka tersebut untuk lebih memperjelas pemahaman). B3 adalah kode dari koordinat. Silahkan lihat gambar.
7.      Lanjut ke kolom rumus koordinat. Masukan rumus berikut;
=CONCATENATE(C3,",",D3).
8.      Jika sudah maka akan terlihat hasilnya sebagai berikut.
9.      Selanjutnya copy hasil tersebut ke semua koordinat  dengan perintah range. Dengan begini pengolahan data di Excel sudah selesai. Save

10.  Sekarang buka program Autocad anda.
11.  Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah klik draw - point – multiple point.

12.  Buka file Microsoft Excel yang telah kita buat tadi dan copy semua hasil di kolom rumus koordinat.
13.  Buka lagi Autocad anda dan letakan dan klik krusor anda di kolom command, specify a point, lalu klik kanan-paste. Lalu langsung saja tekan Esc.

14.   Semula akan tampak tidak ada perubahan pada layar Autocad anda. Langkah selanjutnya lakukan perintah zoom all dengan mengetik Z enter A enter. Biasanya akan langsung tampak titik kecil di bagian atas layar Autocad. lakukan Zoom pada titik tersebut, maka akan tampak titik-titik yang tersebar.
15.  Sekarang kita akan memberi nama pada titik-titik koordinat yang sudah tersebar sesuai kode-kode yang sudah terformat di file Excel. Klik draw – text – multiple text.
16.  Buka file Excel lagi lalu copy hasil pada kolom rumus kode

17.  Sekarang pindah lagi ke Autocad dan klik krusor di command, specify firt corner,lalu klik kanan – paste. Lalu langsung saja tekan Esc.

18.  Jika semua langkah-langkah sudah benar maka akan tampak seperti gambar berikut. Maka anda telah berhasil.

19.  Dan untuk langkah terakhir setting point style dengan klik format – point style. Dan pilih point style sesuai keinginan anda. Lalu ok. Anda juga dapat mengatur letak kode-kode agar tidak menutupi point dengan perintah move.

Maka sampai di sini, penjelasan saya tentang “Cara memasukan koordinat dari Ms. Excel ke Autocad’. Cara ini berdasarkan pengalaman bekerja saya sehari-hari. Mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.  Dan jika diantara teman-teman sekalian ada yang memiliki cara yang lebih simple atau tentang tutorial lainnya, saya berharap kita semua bisa saling berbagi ilmu untuk kesuksesan bersama. Terimakasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di posting-posting selanjutnya. Selamat bekerja dan Salam sukses.

2 komentar: